Selasa, 27 Oktober 2009

Video Editing













Software program grafis dan multimedia atau sering disebut sebagai software video editing yang popular bagi para pakar, pengguna, professional bahkan para praktisi usaha video editing antara lain :

•Windows Movie Maker 2.0
•Pinacle Studio 9
•Ulead VideoStudio 8
•Vegas 5.0
•After Effect
•Adobe Premiere Pro 1.5

Film yang menarik tak selalu lahir dari tangan orang yang memiliki software pengolah video paling mahal. Ibarat perkakas, software penyunting video hanya membantu Anda mewujudkan ide, sisanya adalah ketrampilan Anda memanfaatkan berbagai fasilitas di dalamnya.

1.Windows Movie Maker 2.1

Pilihan paling pas untuk Anda yang sekedar ingin coba-coba mengedit video sendiri. Fasilitasnya memang tidak kaya, tapi terbilang cukup dan memuaskan untuk sebuah software gratisan yang menjadi bawaan di system Windows. Apalagi Anda bisa mendapatkan beberapa efek tambahan dari webnya.
Penuh dengan WiZard, Anda tidak akan kesulitan untuk mengoperasikannya., Anda akan merasa dipandu mulai dari menangkap Video dari camcoder atau kamera digital, mengimport audio video, sampai menyuntingdan menyimpan hasilnya. Videonya berformat AVI, sedangkan audionya berformat CD audio, WAV atau MP3. Kebutuhan Hardware tergolong minimum :

•Pentium III 600 Mhz
•Ram 128 MB
•Ruang hardisk 2 GB

Sistem operasi Windows, mulai Wndiws Milenium telah menyediakan fasilitas untuk melakukan editing gambar dan video. Aplikasi ini merupakan aplikasi freeware yang dapat didownload melalui situs Microsoft. Dalam Windows ME dan XP sudah terdapat aplikasi Movie Maker standar yang hanya mampu untuk menjalankan rekaman gambar atau video. Untuk memaksimalkan aplikasi Movie Maker pada Windows XP, Anda harus meng-install kembali software Movie Maker.

2. Pinacle Studio Versi 9 (Untuk tingkat mahir madya)

Bagi Anda yang ingin belajar video editing tingkat mahir madya bias mencoba software yang sangat popular ini. Pinacle Studio 9 menawarkan proses editing video langkah demi langkah yang sangat mudah diikuti. Fiturnya menawarkan teknik efek, motion, dan system editing yang mudah Anda pelajari. Cocok untuk siswa SMA yang senang membuat video secara lugas. Proses burning CD sudah terintegrasi di dalamnya sehingga Anda tidak perlu tool burning yang terpisah.
Perhatikan pada bagian EDIT di atas terdapat tiga ruang utama. Ruang Preview Video merupakan fasilitas untuk melihat hasil proses edit video klip yang Anda buat. Time Bar dapat Anda gerakkan dengan sangat leluasa. Ruang Klip Video dan Add-in, tempat scene video yang Anda buat. Ruang ini berisi tool untuk transisi, membuat judul, folder gambar, folder suara dan menu membuat DVD. Ruang editing (Storyboard/Timeline) merupakan ruang untuk mengedit audio-video, membuat efek,

3.Ulead VideoStudio 8 (Untuk Tingkat mahir)

Software ini menawarkan langkah mudah untuk capture video, editing, kemampuan filter, transisi, pengolahan suara sampai finishing video. Anda dapat juga membuat kreasi video dalam format VCD, SVCD dan DVD. Ulead Video Studi 8 menyediakan 190 efek khusus dan 115 transisi.
Untuk membantu kemampuan kerja (performance) grafis dan video, Anda harus menginstall software DirecX9 di dalam Windows Anda, Kemudian, untuk mempertinggi keluwesan mengolah dan membuat video, Anda harus menginstall software QuickTime, realPlayer, dan Windows Media Format. Pada bagian atas UVS, terdapat tujuh menu untuk membuat movie yaitu : Capture, Edit, Effect, Overlay, Title, Audio dan Share.

4.Adobe Premier Pro 1.5 (Untuk Profesional)

Adobe Premier Pro 1.5 merupakan software video editing yang sangat lengkap dan handal. Kebutuhan spesifikasi computer cukup tinggi. Perhatikan, Adobe Premier Pro 1.5 hanya dapat Anda jalankan pada system operasi (OS) Windows XP (eXPerience). Adobe Premier membutuhkan RAM sebesar 512 MB. AP ini sangat popular karena kemampuan edit yang mudah, transisi video sampai oada masalah kompleks, filter yang banyak, efek-efek motion, proses pemadatan data (compression) dan key-ing.matting

Software Utility untuk Mendukung Video Editing :


DUP-DVD 2.1.2
:
Software utility unt melakukan konversi file dari DVD ke format SVCD atau format VCD

Jiao VCD Cutter :
Software ini dapat Anda gunakan untuk memotong (cut) atau menambah klip video, merekam suara VCD menjadi MP3, memadatkan file AVI ke Format MPEG dan sebagai pemutar film dengan format DivX.

Nero Cover Design :
Software ini dapat Anda gunakan untuk membakar CD dan DVD, membuat cover VD dan DVD

VCD Gear 3.07b12 :
Software ini untuk mengektrasi video ke bentuk CD atau memadatkan data dari video format tertentu ke bentuk VCD


X2CD Rippe
r :
Software ini untuk mengambil suara (ripper) pada CD Audio dan DVD. Audio diambil dari sebuah film atau klip video dengan format DVD disimpan dalam bentuk MP3 atau WAV

Disamping software, untuk mengedit video Anda membutuhkan beberapa perangkat keras
(hardware) antara lain :

•Camcoder (handycame)
•Hardisk yang kepasitasnya besar
•Kartu Video Capture dan
•CD Writer Drive atau DVD Write Driver

Tidak ada komentar:

Posting Komentar